Daring Covid-19

Pembelajaran Bekerja Dari Rumah (Work From Home) Melalui Metode Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Kendari

A. PENDAHULUAN

Salah satu kewajiban guru selama melaksanakan tugas pembelajaran daring adalah menyusun laporan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh (distance learning) yang dilakukan guru untuk memberikan akses pembelajaran yang tidak terbatas ruang dan waktu kepada peserta didik selama diberlakukannya masa darurat Covid-19.

Pelaksanaan tugas dinas di rumah/tempat tinggal bagi guru berpedoman pada surat edaran MENPANRB nomor 34 tahun 2020 tentang penyesuaian sistem kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 di lingkungan instansi pemerintah. Penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh ini sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).    Surat edaran Mendikbud no. 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan dalam masa darurat penyebaran Corona Virus Disease ( Covid-19), bahwa proses belajar mengajar dari rumah dilaksanakan melalui pembelajaran Daring. Surat kepada dinas pendidikan dan Kebudayan Provinsi Sultra no.423.7/1950/DPK tentang kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran covid-19 bahwa proses belajar mengajar dilaksanakan belajar dari rumah melalui pembelajaran daring/ jarak jauh.

Pembelajaran jarak jauh tersebut dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan)/ luring (luar jaringan), sehingga peserta didik dapat mengakses materi dan sumber pembelajaran dan evaluasi tanpa batasan waktu dan tempat. Kegiatan pembelajaran secara daring secara on line ini akan mendukung proses pembelajaran jarak jauh dan mempermudah dalam penyebaran materi kepada peserta didik.

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan mencakup kegiatan penyampaian materi, penugasan, dan evaluasi yang disampaikan secara on line melalui media aplikasi google classroom

B. TUJUAN

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dalam sistem daring ini bertujuan sebagai berikut.

  1. Memberikan bahan/materi sesuai program pemebelajaran guru kepada peserta didik .
  2. Memudahkan peserta didik dalam mengakses materi dan tugas daring tanpa terbatas ruang dan waktu.
  3. Menyediakan bahan ajar dan aktivitas  dengan menggunakan media classroom atau hiperlink ke sumber belajar lainnya terkait materi yang diajarkan.
  4. Mengevaluasi pemahaman peserta didik terjadap materi yang diajarkan melalui uji kompetensi online berbentuk kuis, soal yang dibuat dalah google form.

C. SASARAN

Pembelajaran daring ini diterapkan pada semester dua tahun pelajaran 2019/2020. Mulai sejak ditetapkannya berlakunya pencegahan penyebaran COVID-19 pada tanggal 17 maret 2020. Sasaran pembelajaran daring dengan sistem daring ini adalah peserta didik sesuai kelas yang diampuh pada kelas X MIPA-UA, X MIPA UB, X MIPA-4, XI MIPA U dan XI MIPA-1 sesuai dengan jadwal pelajaran yang telah disusun ( Selasa, Rabu dan Kamis). Jumlah peserta didik yang akan mengikuti pembelajaran jarak jauh adalah sebanyak siswa dalam kelas binaan yang mejadi tanggungjawab garu. Dengan rincian sebagai berikut:

Tabel daftar kelas dan jumlah peserta didik binaan

No.

Kelas

Jumlah peserta didik

keterangan

1

XI MIPA-U

36

 

2

XI MIPA-1

36

 

3

X MIPA U-A

36

 

4

X MIPA U-B

36

 

5

X MIPA-4

36

 

Jumlah total

180

 

D. RUANG LINGKUP

Ruang lingkup pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring ini mencakup beberapa tahapan, sebagai berikut.

1. Perencanaan Pembelajaran

Guru merancang pembelajaran jarak jauh secara daring, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pengembangan materi/ bahan ajar, penugasan dan penyusunan kuis/evaluasi, dengan menggunaan media google classroom dengan membuat beberapa menu pilihan di dalamnya. Menu tersebu antara lain absen, buku ajar, latihan, tugas, ulangan, video, dan link beberapa portal sumber belajar.

2. Pelaksanaan Pembelajaran

Guru menyusun  materi/bahan ajar dan tugas (kuis) melalui aplikasi google classroom yang diberikan kepada peserta didik dengan target seluruh peserta didik. Selanjutnya guru menginformasikan melalui grup WhatsApp kelas kepada peserta didik membaca materi/ menonton video dan mengerjakan tugas (kuis) dari rumah dengan alokasi waktu yang telah ditentukan, dan pengarahan peserta didik untuk menggunakan beberapa portal  sumber belajar misalnya rumah belajar, quipper, Zenius dan lain-lain.

3. Penilaian (Evaluasi)

Guru membuat soal di menu tugas quis google classroom pada bagian tugas quis google form sehingga nilai peserta didik dapat langsung terlihat dan selanjutnya menginput nilai tugas (kuis) dari hasil pekerjaan peserta didik yang dikirimkan melalui email masing-masing.

G. MEDIA PEMBELAJARAN

Media yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring ini adalah WhatsApp, Goolge Classroom, dan Google Formulir, serta Zoom.

E. SUMBER PEMBELAJARAN

Sumber pembelajaran dibuat oleh guru dengan menyusun materi ajar yang dibuat dimenu classroom selanjutnya dibagikan kepada peserta didik adalah sesuai dengan kurikulum setiap tingkat kelas semester genap, meliputi:

Tabel daftar kelas dan Materi bahan ajar

No.

Kelas

Materi

Ket.

1

X

  • Usaha dan energi
  • Impuls dan Momentum
  • Gerak harmonis

 

2

XI

  • Gelombang cahaya
  • Alat-alat optik
  • Pemanasan global

 

            Sember pembejaran lain adalah portal pembelajaran yang menjadi rujukan kemendibud anatara lain rumah belajar, Quipper, Zenius yang dibuat link di menu classroom.

F. BENTUK KEGIATAN

Bentuk kegiatan pembelajaran yang diterapkan untuk menyampaikan materi ajar tersebut di atas adalah penyediaan materi yang dapat diakses oleh peserta didik melalui Google Classroom, Komukasi di media whatsApp. Peserta didik juga mendapatkan tugas untuk mengerjakan kuis secara mandiri terkait materi dengan menggunakan Google Formulir. Peserta didik dapat pula melakukan evaluasi secara on line dalam bentuk soal pilihan ganda

H. EVALUASI PEMBELAJARAN

 

Evaluasi/assesmen dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring ini adalah penilaian hasil belajar, dengan menggunakan vasilitas menu tugas, tugas quis pada google classroom pada google form sehingga soal dibuat dalam bentuk soal pilihan ganda ataupun soal uraian.

Evaluasi pembelajaran dilakukan dalam bentuk kuis menggunakan Google Formulir. Soal berbentuk pilihan ganda yang secara langsung dapat memberikan nilai atas hasil jawaban peserta didik, dan jika siswa tidak mencapai KKM dapat diberikan soal remedial.

Berdasarkan data, sebanyak 174 peserta didik telah mengerjakan soal/tugas dan mengirimkan jawaban soal melalui email masing-masing. Dengan demikian, peserta didik yang tidak mengirimkan jawaban atau tidak mengerjakan tugas sebanyak 6 orang, hal ini disebabkan ada peserta didik tidak memiliki HP android, ada peserta didik pulang kampung sehingga jauh dari jangkauan jaringan, serta ada peserta didik kehabisan paket data internet. Sehingga tingkat keterlaksanan 97%.

I. Penutup

  1. Kesimpulan

Dari pelaksanan pembelajaran daring yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa keterlibatan peserta didik dari kelas binaannya mencapai 97%. Sekitar 3% tidak aktif disebabkan siswa tidak memiliki HP android, kehabisan paket data atau berlibur dikampung halaman yang sulit terjangkau jaringan internet. Dari hasil evaluasi yang dilakukan hasil ulangan masih jauh dari harapan, sekitar 75% peserta didik tidak mencapai KKM, sehingga dilakukan remedial dengan soal yang sama atau memodifikasi soal.

  1. Saran

Berdasarkan data dan kejadian saat pelakasanaan proses pembelajaran daring, dapat kemukakan beberapa saran:

a).   Pengambil kebikajan dapat menyediakan pulsa paket internet kepada guru

b).   Perlunya pelatihan khusus penggunaan media classroom bagi teman-teman guru yang yang belum menggunakan media classroom.

Demikian laporan pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring disusun. Laporan ini sebagai bentuk pertanggungjawaban tertulis kepada Kepala Sekolah dan pengawas pembian managerial sekolah atas pelaksanaan tugas dinas di rumah/tempat tinggal.

Share Berita

Komentari Berita

Pengumuman Resmi SMAN 1 Kendari

Selengkapnya