Kurikulum SMAN 1 Kendari

2018-08-19 - Kategori Kurikulum

" SMAN 1 Kendari menggunakan Kurikulum 2013 "

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.  Selanjutnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 yo PP RI No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan, bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan  jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian, serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan.

Kurikulum SMA Negeri 1 Kendari ini memuat struktur Kurikulum 2013 yang mengacu pada perubahan mendasar pada kurikulum 2013 yaitu Standar Kompetensi Lulusan (Permendikbud No. 20 Tahun 2016), Standar Isi (Permendikbud 21 Tahun 2016), Standar Proses (Permendikbud No 22 Tahun 2016), Standar Penilaian (Permendikbud No 23 Tahun 2016), Kompetensi inti dan kompetensi dasar ( Permendibud 24 tahun 2016), Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMA/MA (Permendikbud No 69 Tahun 2013) dan Implementasi Kurikurikulum 2013 (Permendikbud No 81 A Tahun 2013) dan Permendibud no.53 tahun 2015 tentang penilaian oleh guru.  Dengan demikian perubahan akan terjadi pada penyesuaian beban belajar, penguatan proses, pendalaman dan perluasan materi, penataan pola pikir dan tata kelola.

 Kondisi ideal yang  diharapkan dalam satuan pendidikan di SMA Negeri 1 Kendari adalah adanya pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan yang harus diketahui oleh seluruh stacholder di sekolah, yang harus menjadi acuan dalam penyelenggaraan pendidikan, kualitas pembelajaran yang tergambar dari alumni yang dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Kondisi nyata  selama ini, dokumen kurikulum SMAN 1 Kendari  hanya sebatas administrasi sekolah, tanpa diketahui oleh seluruh tenaga pendidik ataupun tenaga kependikan.

Potensi dan karakteristik SMAN 1 Kendari sangat potensial untuk berkembang lebih maju sesuai tujuan pendidikan. Satuan pendidikan dapat mengoptimalkan kinerja, proses pembelajaran, pengelolaan, sumber belajar, profesionalisme tenaga kependidikan, serta sistem penilaian Pendidikan yang dikembangkan di SMA Negeri 1 Kendari berfungsi sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang mencakup tiga domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus terintegrasi, serta dapat menggambarkan kesesuaian dan  kekhasan kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Pada Tahun Pelajaran 2017/2018 SMA Negeri 1 Kendari  menerapkan Sistem Paket pada kelas regular dengan mengacu kepada Permendikbud Nomor 81A tentang Implementasi Kurikulum 2013. Adapun struktur kurikulum Sistem Paket tersebut disampaikan pada BAB III dalam dokumen ini. Selanjutnya untuk memenuhi amanat sebagaimana telah disebutkan di atas, dan dalam upaya mencapai tujuan pendidikan nasional, serta tujuan pendidikan sekolah, maka SMA Negeri 1 Kendari  menyusun dokumen  ini sebagai kurikulum SMA Negeri 1 Kendari.

B. Landasan

  1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 sebagai Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional.
  4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 tentang perubahan atas peraturan pemerintah no. 78 tentang guru
  6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
  7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006;
  8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.18 tahun 2016 tentang PLS;
  9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
  10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan
  11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi
  12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses
  13. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian
  14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar Kurikulum 2013
  15. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah
  16. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia  Nomor 61 Tahun 2014 Tentang  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
  17. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
  18. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstra Kurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
  19. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan  Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2014  Tentang  Peminatan Pada Pendidikan Menengah
  20. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan  Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2014  Tentang  peran guru TIK dan KKPI
  21. Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan no. 104 tahun 2014 tentang penilaian hasil belajar
  22. Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan No.53 tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
  23. Permendikbud No.23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti
  24. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar dan Menengah
  25. Pendidikan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)
  26. Pendidikan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2017 tentang hari sekolah
  27. Surat Edaran Mendikbud Nomor: 0128 / MPK/ KR/ 2013, tanggal 5 Juni 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013
  28. Surat edaran bersama Mendagri dan Mendikbud Nomor: 4.20/176/3J dan 0258/lyIPK.A/KV20l4 tanggal 4 Januari 2014 tentang Implementasi Kurikulum 2013 pada tahun 2014
  29. Peraturan daerah Kota Kendari No.8 Tahun 2013 tentang gerakan masyarakat memanfaatkan waktu intensif belajar wajib
  30. Rencana Kegiatan Sekolah (RKS) SMA Negeri 1 Kendari tahun Pelajaran 2017-2018

 

C. Tujuan Pengembangan

Kurikulum SMA Negeri 1 Kendari disusun agar menjadi pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran dan penilaian serta pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan  dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Oleh sebab itu pengembangan Kurikulum SMA Negeri 1 Kendari memperhatikan unsur-unsur:

  1. Peningkatan iman dan takwa (imtaq) serta akhlak mulia

Keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia menjadi dasar pembentukan kepribadian peserta didik secara utuh. Kurikulum ini disusun untuk memungkinkan semua mata pelajaran dapat menunjang peningkatan imtaq serta akhlak mulia. Khusus untuk peningkatan imtaq ini dilaksanakan melalui program imtaq pada hari Jumat. Selain itu melalui peringatan hari-hari besar keagamaan serta melaksanakan qurban dan bantuan sosial terhadap warga sekitar sekolah yang kurang mampu .

  1. Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik. Kurikulum SMA Negeri 1 Kendari disusun dengan memperhatikan keragaman potensi, minat, kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan kinestetik peserta didik agar dapat berkembang secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya yang mencakup domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  2. Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan

Daerah Kota Kendari memiliki keragaman potensi, kebutuhan, tantangan, dan keragaman karakteristik lingkungan, oleh karena itu kurikulum SMA Negeri 1 Kendari memuat keragaman tersebut untuk menghasilkan lulusan yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan daerah, terutama dalam bidang seni dan peduli lingkungan, serta keterampilan.

  1. Tuntutan pembangunan daerah dan nasional

Pengembangan kurikulum SMA Negeri 1 Kendari memperhatikan pula keseimbangan tuntutan pembangunan daerah dan nasional yang ditunjukkan dengan adanya substansi muatan lokal PKLH serta Seni dan Budaya Sultra, merupakan kebutuhan dan ciri khas. Tetapi tidak melupakan kebutuhan Nasional dan global yang ditandai dengan adanya pembinaan kemampuan Bahasa Inggris Teknologi Informasi, pendidikan karakter dan budaya membaca

  1. Tuntutan dunia kerja

Kurikulum SMA Negeri 1 Kendari harus memuat kecakapan hidup untuk membekali peserta didik memasuki dunia kerja sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik dan kebutuhan dunia kerja, khususnya bagi mereka yang tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di antaranya ialah program Mulok (PKLH) yang terintegrasi dalam mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan

  1. Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni

Kurikulum SMA Negeri 1 Kendari dikembangkan secara berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta perubahan kurikulum yang berlaku.

  1. Agama

Kurikulum SMA Negeri 1 Kendari dikembangkan untuk meningkatkan toleransi dan kerukunan umat beragama, dan memperhatikan norma agama yang berlaku di lingkungan sekolah sesuai dengan kompetensi Inti yang diharapkan.

  1. Dinamika perkembangan global

Kurikulum SMA Negeri 1 Kendari dikembangkan agar peserta didik mampu bersaing secara global dan dapat hidup berdampingan dengan bangsa lain dengan membekali peserta didik dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan minatnya, agar peserta didik mampu mengembangkannya secara mandiri di dunia nyata/kehidupan sehari-hari.

  1. Penerapan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan penilaian autentik dengan mancakup domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  2. Pengembangan kegiatan ekstra kurikuler yang dapat mengembangkan potensi diri peserta didik, serta pengembangan kegiatan pramuka sebagai ekstra kurikuler wajib yang harus diikuti selain kegiatan ekstrakurikuler lainnya
  3. Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan

Kurikulum SMA Negeri 1 Kendari dikembangkan untuk mendorong wawasan dan sikap kebangsaan dan persatuan nasional, pendidikan karakter untuk memperkuat keutuhan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  1. Kondisi sosial budaya masyarakat setempat

Kurikulum SMA Negeri 1 Kendari dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik sosial budaya masyarakat di Kota Kendari dan provinsi Sulawesi Tenggara umumnya untuk menunjang kelestarian keragaman budaya

  1. Kesetaraan Gender

Kurikulum SMA Negeri 1 Kendari diarahkan kepada pendidikan yang berkeadilan dan mendorong tumbuh kembangnya kesetaraan gender

  1. Karakteristik satuan pendidikan

Kurikulum SMA Negeri 1 Kendari dikembangkan sesuai dengan visi, misi, tujuan, kondisi, dan ciri khas SMA Negeri 1 Kendari.

  1. Integrasi Nilai-nilai Karakter Bangsa

Kurikulum SMA Negeri 1 Kendari dikembangkan dengan mengitegrasikan nilai nilai pendidikan karakter bangsa dan implementasinya baik dalam pembelajaran di kelas maupun dalam kehidupan sekolah ataupun dalam lingkungan kehidupan di luar sekolah yang tertuang dalam Kompetensi Inti ke-satu (sikap spiritual) dan ke-dua (sikap sosial)

BAB II

 

TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN

A. Tujuan Pendidikan Menengah

Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut dengan memiliki keseimbangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terpadu dalam kehidupan sehari-hari.

B. Visi

Mewujudkan SMAN 1 Kendari yang:

 

Unggul dalam prestasi, teladan berdisiplin, anggun beretika, dan berwawasan lingkungan yang dilandasi iman dan taqwa ”.

C. Misi

Untuk mencapai visi tersebut (B), maka misi SMA Negeri 1 Kendari adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas dengan pendekatan saintifik yang bersifat interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya  
  2. Menyelenggarakan gerakan literalisasi sekolah (GLS), Pembiasaan membaca 15 menit sebelum pbm, bersikap kritis, kreatif,  inovatif, berjiwa wirausaha, perilaku empati sosial, dan cinta kepada pengetahuan
  3. Menyelenggarakan penilaian autentik secara berkelanjutan
  4. Meningkatkan daya saing peserta didik pada berbagai lomba di tingkat daerah, nasional, dan internasional  
  5. Meningkatkan kualitas pembinaan ekstrakurikuler yang menunjang pencapaian visi sekolah
  6. Membina  dan membekali peserta didik pada pendidikan karakter, berbudi pekerti luhur, memiliki karakter sebagai bangsa Indonseia, berdaya saing dan kewirausahaan kreatif.
  7. Menciptakan lingkungan sekolah dengan karakter  yang kuat dalam disiplin, berbudaya, indah, bersih, aman, damai, dan berciri masyarakat belajar
  8. Menyelenggarakan kegiatan yang secara fungsional meningkatkan  iman dan takwa (IMTAQ)

D. Tujuan SMA Negeri 1 Kendari

Tujuan SMA Negeri 1 Kendari  secara rinci dijabarkan menjadi:

  1. Tingkat keterlaksanaan proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan penilaian autentik ≥ 95 %
  2. Meningkatkan hasil ujian nasional dan/atau ujian sekolah setiap tahun rata-rata ≥ satu (1) dibanding tahun pelajaran sebelumnya
  3. Meningkatnya jumlah peserta didik yang memasuki jurusan unggulan di perguruan tinggi negeri unggulan
  4. Meningkatnya jumlah peserta didik yang meraih nilai UN tertinggi di tingkat provinsi Sulawesi Tenggara dibanding tahun pelajaran sebelumnya
  5. Meningkatnya jumlah peserta didik yang lolos ke OSN/O2SN/FL2SN dibanding tahun pelajaran sebelumnya
  6. Terdapat peserta didik yang meraih medali pada OSN/O2SN/FL2SN OPSI atau lomba karya tulis lainya pada tingkat Nasional pada tahun pelajaran 2017/2018
  7. Tingkat kedisiplinan peserta didik dalam melaksanakan tata krama dan tertib sekolah ≥ 95 %
  8. Tingkat kedisiplinan guru dan staf TU dalam melaksanakan tugas ≥ 95 %
  9. Kemandirian , kepercayaan diri, kejujuran dan integritas peserta didik dalam mengikuti ulangan dan ujian ≥ 95 %
  10. ≥ 95 % peserta didik berperilaku santun dalam pergaulan sesamanya dan terhadap guru dan orang tuanya
  11. Tersedianya sarana prasarana pendidikan (bahan pustaka dan peralatan laboratorium, serta sarana olah raga dan seni) yang semakin memadai,
  12. Meningkatnya keimanan dan ketaqwaan peserta didik sesuai dengan agama dan kepercayaanya masing-masing
  13. Memberikan pelayanan kepada peserta didik sesuai dengan minat, potensi kecerdasan dan bakat istimewa.
  14. Menciptakan lingkungan sekolah adiwiyata nasional yang rindang dan nyaman serta terpelihara untuk mendukung sekolah sebagai masyarakat belajar, berpendidikan karakter
  15. Mempertahankan/meningkatakan nilai akreditas sekolah
  16. Memperoleh sertifikat ISO-9001 pada tahun pelajaran 2018/2019

 

BAB III

STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

 

A. Kerangka Dasar

      1. Kelompok Mata Pelajaran dan SKL

Muatan Kurikulum SMA Negeri 1 Kendari Tahun Pelajaran 2017/2018 adalah menerapkan muatan Kurikulum 2013.

  • Mata pelajaran bagi peserta didik kelas X ,XI dan XII  terdiri atas tiga kelompok
        1. Mata pelajaran wajib A                                                          
        2. Mata pelajaran wajib B                                                        
        3. Mata pelajaran Peminatan dan Lintas Minat                      

 Kelompok mata pelajaran tersebut semuanya mengusung ke pencapaian Standar Kompetensi Lulusan sebagai berikut:

No.

Domain

Kompetensi

1.

Sikap:

  • Sikap spiritual

 

 

 

  • Sikap sosial

 

Penilaian sikap spiritual dilakukan untuk mengetahui perkembangan sikap peserta didik dalam menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya serta toleransi terhadap agama lain

Penilaian sikap sosial dilakukan untuk mengetahui perkembangan sikap sosial peserta didik dalam menghargai, menghayati, dan berperilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya

2.

Pengetahuan

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.

3.

Keterampilan

Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.

 

Kompetensi Lulusan dapat dicapai melalui Kompetensi Inti sebagai berikut;

Domain

Kompetensi Inti

Sikap

    1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
    2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Pengetahuan

    1. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Keterampilan

    1. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

Kompetensi Inti tersebut dijabarkan kedalam Kompetensi Dasar yang untuk selanjutnya dirumuskan menjadi materi ajar dari mata pelajaran.

KOMPETENSI INTI SMA

Kelas X

Kelas XI

Kelas XII

KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI-2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung­­jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI-2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung­jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI-2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung­jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI-3: Memahami, mene­rapkan, menganali­sis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerap-kan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI-3: Memahami, menerapkan, dan menganali­sis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasar-kan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terka

 


Share Berita

Komentari Berita

Kembali

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'mysqli' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: